Tak Hanya Sekarang, Dulu Banyak Tim Dunia Yang Menjajal Indonesia

Posted by Ganas003 on 21.08 in ,

Tidak hanya beberapa tahun belakangan saja klub-klub Eropa melaksanakan invasi ke Indonesia untuk uji tanding dengan Tim Nasional kita bung. Tapi, semenjak kurun 70-an sudah ada beberapa klub besar yang lebih dulu menjajal kekuatan sepakbola nusantara, yang memang di kala itu Indonesia merupakan salah satu macan Asia.


Apalagi kurun striker gahar ibarat Ramang yang kehebatannya diulas oleh FIFA di tahun 2012 lewat artikel yang berjudul Indonesian who inspired ’50s meridian di dalam halamannya.


Balik lagi ke soal invasi klub Eropa, tidak hanya kekuatan Tim Nasional saja yang dijajal kehebatannya namun beberapa klub besar Indonesia turut mencicipi kehebatan sepakbola ala Eropa. Sebut saja NIAC Mitra surabaya yang pernah melaksanakan tanding melawan Arsenal.


Pelak sudah 30 tahun berlalu hal ini terlewati, namun sepakbola Indonesia belum sanggup berbicara banyak di dunia.


Arsenal


Tidak hanya beberapa tahun belakangan saja klub Tak Hanya Sekarang, Dulu banyak Tim Dunia Yang Menjajal Indonesia

Sumber : Talksport.com


Pada tahun 1983 Arsenal melaksanakan tur ke Benua Asia dengan melaksanakan lawatan ke beberapa kawasan di Indonesia ibarat Medan, Jakarta dan Surabaya. Setelah meraih dua kemenangan melawan klub lokal Medan, VSP, dengan skor 3-0 dan kemudian menang 5-0 atas VSPSSI di Jakarta, lawatan selanjutnya yaitu ke Surabaya.


Secara mengejutkan klub yang berjulukan NIAC Mitra Surabaya tersebut berhasil menang melawan tim asal London utara dengan skor 2-0 dicetak Joko Malis dan Fandi Ahmad, yang merupakan legenda pemain Singapura.


Sebenarnya NIAC Mitra sanggup unggul 3-0 seandainya tandukan Joko Malis tidak membentur mistar gawang. Arsenal yang dulu memang belum setenar kini tetapi sejumlah nama populer kala itu ibarat Pat Jennings dan David O’Leary sanggup menarik ketertarikan warga lokal dan menciptakan stadion Gelora 10 Novemeber, Surabaya,  dipenuhi oleh 30 ribu pasang mata.


PSV Eindhoven


Tidak hanya beberapa tahun belakangan saja klub Tak Hanya Sekarang, Dulu banyak Tim Dunia Yang Menjajal Indonesia

Sumber : Talksport.com


4 tahun berselang dari lawatan Arsenal ke Indonesia, menyusul salah satu raksasa Belanda dan juga Eropa kala itu yakni PSV Eindhoven yang tidak sungkan berkunjung ke tanah pasundan mencoba jajalnya sang Juara Perserikatan tahun 1986, Persib Bandung.


PSV tiba dengan kekuatakan penuh yang dipenuhi banyak pemain nasional Belanda ibarat Rene Van Der Gijp, Ronald Koeman, Jurrie Koolhof, Michel Velker, Gerald Vanenbung. Tak lupa pemain termahal dunia kala itu Ruud Gullit pun ikut menebar pesona.


Dihelat di Stadion Siliwangi, Bandung, sebanyak 25.000 penonton diperkirakan memenuhi stadion untuk melihat aksi-aksi pemain kelas dunia tersebut. Persib yang kala itu diperkuat Ade Mulyono dan Dede Iskandar tak kuasa membendung pertahanan dari serangan PSV hingga 4 gol bersarang di jala Persib tanpa balas. Belum lagi absennya sang pemain bintang Roby Darwis menciptakan pertahanan kian kocar-kacir


Ajax Amsterdam


Tidak hanya beberapa tahun belakangan saja klub Tak Hanya Sekarang, Dulu banyak Tim Dunia Yang Menjajal Indonesia

Sumber : Talksport.com


Sedikit jauh kebelakang di tahun 1975, Indonesia kala itu melaksanakan pertandingan segitiga antara Ajax Amsterdam, Manchester United dan Indonesia Tamtama yang dilakukan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan. Kala itu Indonesia Tamtama berhasil dicukur habis 4-1 oleh Ajax sang jawara Liga Champions Eropa yang juara 3 kali berturut-turut dari tahun 1971 hingga 1973.


Namun lawatan Ajax ternyata berlanjut sehabis pertandingan segitiga tersebut, dengan lakukan jajal tanding dengan beberapa wilayah PSSI. Salah satunya PSSI Wilayah I yang lebih banyak didominasi berisi pemain PSMS medan ibarat Parlian Siagian, Pasaribu, Tumsila, Yuswardi, Pariman, Taufik Lubis dan Suparjo, berhasil merampungkan perlawanan tim terbaik di kala itu dengan skor 4-2.


Manchester United


Tidak hanya beberapa tahun belakangan saja klub Tak Hanya Sekarang, Dulu banyak Tim Dunia Yang Menjajal Indonesia

Sumber : Talksport.com


Di tahun yang sama Manchester United hadir dalam pertandingan segitiga tersebut otomatis menjadi salah satu daftar artikel di mana klub Eropa yang tiba ke Indonesia. Setan Merah ditahan imbang 0-0 melawan Indonesia Tamtama yang diwakili oleh Anjas Asmara, Sutan Harhara, dan Rony Paslah. Ternyata kedatangan setan merah dalam turnamen segitiga ke Indonesia ini, Menjadi ajang  pemanasan bagi Tim Nasional untuk Pra Olimpiade tahun 1976 di Korea Utara,  Justru mengecewakan PSSI.


Lantaran MU tiba tidak dengan tim inti ibarat yang dijanjikan administrasi kepada PSSI. MU hanya membawa 14 orang, 12 pemain, satu instruktur dan manajer. Ketika langgar berlangsung MU ibarat tidak mempunyai hasrat untuk bermain, terlihat kubu Setan Merah bermain ala kadarnya asalkan tidak kebobolan. Sekaligus manajer yang terjun sebagai pemain pengganti yakni Tommy Docherty ibarat kata Sumohadi mantan Ketum PSSI dilansir dari goal.com


Bayern Munchen


Tidak hanya beberapa tahun belakangan saja klub Tak Hanya Sekarang, Dulu banyak Tim Dunia Yang Menjajal Indonesia

Sumber : Talksport.com


Loncat jauh di tahun 2008 memang jauh dari kurun 70-an, namun Bayern Munchen menjadi klub besar yang hadir sehabis beberapa klub Eropa lainnya melaksanakan invasi ke Indonesia. Ada masa paceklik di mana terror bom menjadi hal yang angker hingga urung menciptakan beberapa klub Eropa tiba ke Indonesia di era-90an.


Kemudian barulah Bayern Munchen yang kembali meriahkan gelaran uji tanding Indonesia dengan klub berkelas di tahun 2008. Meskipun pada ketika itu Indonesia kalah 5-1. Kedantang Bayern Munchen menjadi ajang promosi Bundesliga di Asia alasannya yaitu sebelumnya Borrusia Dortmund juga hadir di Indonesia.